Mieloma Multipel

Mieloma Multipel adalah kanker sel plasma dimana sebuah clone dari sel plasma tidak normal (abnormal) berkembangbiak dan membentuk tumor di sumsum tulang yang akhirnya menghasilkan sejumlah antibodi tidak normal (abnormal) yang menjadi satu di dalam darah atau air kemih (urine).

Mieloma Multipel biasa menyerang pria dan wanita dewasa yang memiliki usia di atas 40tahun. Tulang panggul, tulang rusuk, tulang belakang dan tulang tengkorak adalah tempat dimana lebih banyak di temukannya tumor sel plasma (plasmasitoma). Selain di tulang tumor sel plasma sering juga di temukan di paru-paru dan organ reproduksit.

Pembentukan antibodi yang tidak normal akibat sel plasma yang tidak normal pula dapat mengakibatkan penderita mudah sakit dan lebih mudah terkena infeksi. Ginjal adalah tampat dimana berkumpulnya pecahan dari antibodi yang abnormal sehingga dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan kadang menyebabkan gagal ginjal. Pecahan antibodi yang ada pada ginjal dan organ yang lain dapat mengakibatkan amiloidosis. Pecahan antibodi yang abnormal pada air kemih (urine) disebut protein Bence-Jones.

Hingga saat ini masih belum di ketahui penyebab dari penyakit  mieloma multipel ini. Namun gejala-gejala yang di rasakan sudah dapat di ketahui yakni rasa sakit atau nyeri pada tulang belakang atau tulang rusuk dan dapat menyebabkan pengeroposan pada tulang sehingga tulang mudah patah. Nyeri pada tulang biasanya merupakan gejala awal, namun mieloma multipel dapat di diagnosa apa bila penderita mengalami gejala sebagai berikut:
  • Anemia. Sel-sel darah merah yang di hasilkan pada tulang belakang fungsinya sudah di geser oleh sel plasma yang abnormal.
  • Infeksi. Dikarenakan antibodi yang sehat sudah berkurang akibat dari pembentukan sel plasma yang abnormal.
  • Gagal ginjal. Ginjal menjadi rusak karena pecahan antibodi abnormal.
Pengentalan darah (sindroma hiperviskositas) dapat terjadi karena mieloma multipel dapat mempengaruhi aliran darah ke jari kaki, jari tangan, hidung bahkan kulit. Kurangnya suplai darah ke otak juga dapat menyebabkan gejala neurologis yakni kebingungan, sakit kepala dan gangguan penglihatan.

Penderita mieloma multipel yang memiliki protein Bence-Jones pada kandung kemihnya harus banyak-banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi dan agar dapat mengencerkan air kemih agar terhindar dari penyakit gagal ginjal. Untuk pengobatan penyakit mieloma multipel sendiri di tujukan untuk:
  • Menggantikan sel plasma yang abnormal dengan sel plasma yang normal dan sehat.
  • Memperlambat dan mengurangi timbulnya penyakit lain yang di akibatkan antibodi yang tidak sehat.
  • Mencegah terjadinya komplikasi dan mengurangi gejala penyakit.
Melakukan beberapa kali pengobatan tidak dapat menjamin kesembuhan penyakit ini, jadi untuk pengobatan harus di lakukan secara berkelanjutan. Dengan pengobatan kemoterapi dapat membunuh sel plasma abnormal dan dapat memperlambat perkembangan penyakit ini.

Sumber: Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar