Apakah Vertigo itu?

Vertigo adalah pusing yang dirasakan luar biasa. Orang yang terserang penyakit vertigo merasakan sekitarnya seakan - akan berputar, ini disebabkan oleh gangguan pada keseimbangan yang berpusat di area labirin atau rumah siput di daerah telinga. Vertigo kadang disertai dengan rasa mual dan ingin muntah, bahkan penderita merasa tidak dapat berdiri dan tiba - tiba terjatuh karena merasa kehilangan keseimbangan. Sedangakan keseimbangan pada tubuh dikendalikan dari otak kecil yang menerima informasi mengenai mengenai posisi tubuh dari organ atau sistim keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo pada dasarnya muncul akibat gangguan yang terjadi pada telinga bagian tengah dan dalam atau karena gangguan penglihatan.

Vertigo terjadi bukan karena faktor keturunan, beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya vertigo seperti karena serangan migrain, mabuk kendaraan, radang pada leher, infeksi bakteri pada telinga dan kekurangan asupan oksigen ke otak. Ada pula jenis obat - obatan yang dapat menyebabkan munculnya penyakit vertigo. seperti streptomisin, kina dan salisilat, yang diketahui bisa menimbulkan radang kronis pada saluran telinga dalam.

MACAM - MACAM VERTIGO:
Vertigo dapat dibagi dalam 4 jenis vertigo di bedakan karena penyebabnya, yaitu :
1. Vertigo laryngea, yaitu pusing karena serangan batuk.
2. Vertigo rotatoria, yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.
3. Vertigo ocularis, yaitu pusing karena penyakit mata, umumnya karena ketidak seimbangan pada otot bola mata atau kelumpuhan.
4. Vertigo nocturna, yaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur.

PENCEGAHAN VERTIGO:
Ketika Anda merasakan gejala vertigo, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan :
1. Tarik napas dalam-dalam, kemudian pejamkan mata lalu segeralah untuk mendapatkan posisi yang memudahkan Anda untuk berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.
2. Jika Anda merasa mual dan ingin muntah, segeralah mencari bantuan orang-orang yang ada di dekat Anda untuk membantu Anda ke toilet.
3. Buka mata perlahan lalu coba miringkan badan, atau gerakkan kepala Anda dengan perlahan. Apabila dengan usaha seperti ini serangan tersebut ternyata masih ada, maka Anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.
4. Ketika Anda sedang berbaring, diamkan posisi tersebut hingga serangan vertigo terasa berkurang atau bahkan sampai hilang.

PENGOBATAN VERTIGO:
Pengobatan penyakit vertigo harus dilihat terlebih dahulu jenis penyakitnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang masih tergolong ringan adalah meklizin, skopolamin, perfenazin dan dimenhidrina. Fungsi skopolamin yaitu untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat tersebut dapat menyebabkan kantuk. Obat anti muntah juga dapat di konsumsi. Namun, apabila vertigo terus berlangsung, ada baiknya Anda bergegas menghubungi dokter.

Sumber: Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar