Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen. Ginjal ini terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpah. Di bagian atas (superior) ginjal terdapat kelenjar adrenal. Sebagian dari bagian atas ginjal terlindungi oleh iga ke sebelas dan dua belas. Kedua ginjal dibungkus oleh dua lapisan lemak (lemak perirenal dan lemak pararenal) yang membantu meredam goncangan.

Cara mudah mengetahui fungsi ginjal adalah dengan melihat jumlah urin yang keluar. Dalam keadaan normal, urin berjumlah 1000-1500 cc dalam 24 jam untuk pria dan wanita. Pemeriksaan yang lebih ilmiah juga dapat dilakukan dengan memeriksa kadar kreatinin dalam darah. Kreatinin adalah zat yang hanya dibuang oleh ginjal, bukan organ tubuh lainnya. Jika zat tersebut naik, maka fungsi ginjal pun harus diwaspadai. Kadar kreatinin dalam darah sebenarnya dapat dikondisikan. Jika kurang mengkonsumsi air putih dan kadar kreatinin naik, maka ada gangguan di dalam ginjal. Untuk itu sediakan 2 gelas air putih dan minumlah tiap jam 1 jam sekali. Tentu saja hindari merokok serta makan-makanan berlemak.

Ginjal yang terganggu dapat menyebabkan penyakit pada ginjal dan di luar ginjal, yang seringkali menjadi sebab terganggunya fungsi ginjal, misalnya:
  1. Diabetes
  2. Batu ginjal.
  3. Kurang darah.
  4. Kulit gatal.
  5. Pencernaan terganggu.
  6. Tertimbun air karena air tidak dapat keluar.
Selain melakukan pemantauan fungsi ginjal secara berkala, beberapa kebiasaan pola hidup sehat juga akan membantu agar ginjal tetap sehat, seperti:
  1. Hindari tekanan darah tinggi.
  2. Hindari stress.
  3. Tidak merokok.
  4. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.
  5. Kotrol konsumsi kafein.
  6. Jaga berat ideal.
  7. Kurangi konsumsi garam.
  8. Olah raga kurang lebih 30-60 menir per hari.

Sumber: Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar