Sehat Saat Hamil

Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Dalam kehamilan dapat terjadi banyak gestasi. Kehamilan manusia terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran (38 minggu dari pembuahan). Istilah medis untuk wanita hamil adalah gravida, sedangkan manusia di dalamnya disebut embrio (minggu-minggu awal) dan kemudian janin (sampai kelahiran). Seorang wanita yang hamil untuk pertama kalinya disebut primigravida atau gravida 1. Seorang wanita yang belum pernah hamil dikenal sebagai gravida 0.

Definisi medis dan legal kehamilan manusia dibagi menjadi tiga periode triwulan. Dalam masa kehamilan salah satu bagian yang penting dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah apa yang di konsumsi dan cara mengkonsumsi selama masa kehamilan. Beberapa prinsip-prinsip makan yang baik selama kehamilan, antara lain:
  1. Rubahlah cara makan. Pada kehamilan membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi. Catatan, ibu hamil membutuhkan tambahan 300 kalori perhari.
  2. Hindari makanan yang dapat membahayakan ibu dan janin. Contoh makan dan minuman yang membahayakan bagi ibu hamil yaitu: Daging dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alcohol, juga cafein.
  3. Jangan diet saat hamilDiet selama hamil akan menyebabkan kurang vitamin, mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan. Pertambahan berat badan pada kehamilan merupakan salah satu tanda yang baik pada kehamilan yang sehat. Ibu hamil yang makan dengan baik akan bertambah berat badannya secara bertahap, umumnya akan melahirkan bayi yang sehat. 
  4. Makanlah dengan porsi kecil tapi sering. Pada trimester pertama biasanya terdapat keluhan mual muntah(morning sickness), atasi masalah dengan makan makanan dengan porsi kecil tapi sering, hindari makanan pedas dan berminyak. Makan dengan porsi yang kecil tapi dilakukan beberapa kali, dianjurkan setiap 4 jam. Catatan, meskipun ibu hamil tidak lapar tetapi bayi tetap membutuhkan makanan atau nutrisi secara teratur. 
  5. Minum vitamin untuk ibu hamil secara teratur. Makanan yang ibu hamil makan adalah sumber vitamin yang paling baik, tetapi apakah ibu hamil yakin diet makanan tersebut cukup mengandung vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan, yang terutama zat besi dan asam folat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi sehat. Untuk itu ibu hamil sebaiknya meminum vitamin untuk ibu hamil secara teratur. 
  6. Minum air yang cukup. 8 gelas sehari. Karena ibu hamil membutuhkan cairan yang cukup bagi ibu hamil itu sendiri dan juga bayi. 33 % pertambahan berat badan pada kehamilan adalah cairan. Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk system sirkulasinya, cairan ketuban. Tubuh ibu hamil juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh. 
  7. Makanan berserat. Perbanyaklah makan makanan yang berserat tinggi , buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatasi konstipasi anda selama kehamilan.
Pada masa kehamilan kerap dijumpai beberapa gangguan kesehatan yang dialami oleh ibu-ibu hamil. Biasanya, ibu-ibu hamil kurang memahami apa yang terjadi pada dirinya. Sebagai contoh ketika masa kehamilan, ibu hamil kerap mengalami kesulitan bernafas. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil mengenali kesulitan bernafas seperti apa yang dikatakan normal dan tidak.
  • Pernafasan Normal. Kesulitan bernafas seperti ini biasa terjadi, khususnya terjadi pada bulan-bulan usia kehamilan tua, ketika janin menekan rongga dada. Untuk itu, kesulitan bernafas saat itu masih dikatakan wajar karena adanya tekanan janin pada rongga dada si ibu.
  • Pernafasan Tidak Normal. Kesulitan bernafas yang diikuti rasa sakit yang menusuk di dada, khususnya jika diikuti rasa sakit pada salah satu tungkai. Ini bisa menjadi tanda ibu mengalami deep vein thrombosis. Jadi berhati-hatilah, bila ibu hamil menjumpai hal seperti itu, segeralah ke dokter anda.
Selain itu, nafas pendek juga bisa menjadi pertanda bahwa ibu hamil mengalami anemia akibat kekurangan hemoglobin atau anemia, yakni bagian dari sel-sel darah merah yang membawa oksigen dalam darah.

Sumber: Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar