Manfaat Semangka

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini terpakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Dan dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia. Hari ini, kita tahu bahwa yang sudah dikubur jelas tidak bisa lagi menikmati nutrisi semangka.

Satu potong buah semangka sama fungsinya dengan segelas air. Buah semangka tidak hanya daging yang berwarna merahnya saja yang bisa di manfaatkan, ada banyak fungsi dan manfaat dari semangka. Ketika mengkonsumsi semangka, bagian hijau dekat kulitnya ialah bagian terpenting yang harus ikut anda makan selain warna merah arau kuningnya saja. Beberapa fungsi dari semangka, antara lain:
  • Buah diet. Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.
  • Menurunkan tekanan darah. Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.
  • Pacu jantung alami. Semangka juga mempergiat kerja jantung.
  • Menjaga sel-sel tubuh tetap sehat. Terutama Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C.
  • Penurun deman. 
  • Anti kanker. Likopen yang terdapat salam semangka dapat menumpas bibit kanker.
  • Obat sariawan. Vitamin C yang terdapat di dalam buah semangka sangat ampuh sebagai penyembuh.
  • Obat susah buang air kecil. Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
  •  Obat kuat Pria dewasa. Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria karena kandungan likopen yang ada di dalam semangka.
Dari banyak bergbagai macam semangka seperti semangka lokal berbiji, semangka tanpa biji, semangka kuning, semangka merah, semangka impor, semangka bulat, semangka lonjong, atau varietas yang manapun itu, semangka tetap buah unggul dan berkhasiat tinggi.

Sumber: Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar