Buah wortel tidak hanya bagus untuk mata

Wortel tidak hanya mampu menjaga kesehatan mata, menurut hasil studi para ilmuwan, wortel juga mampu membuat seseorang tampak lebih menarik. Wortel mengandung betacaroten, tanda banyaknya betacaroten dalam wortel adalah warnanya yang semakin terang. Semakin orange warnanya, maka kandungan betakarotennya semakin banyak. Dalam 100 gram wortel terdapat 12 ribu SI vitamin A, 1,1 gram protein, 10 gr karbohidrat, 3,1 gram lemak, 4 mg vitamin C, dan 0,5 mg vit E.

Wortel selain sebagai sumber makanan yang berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengatur ketidak seimbangan dalam tubuh dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Wortel dikenal sebagai sumber vitamin A yang berfungsi untuk penglihatan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan katarak dan kebutaan. Wortel yang kaya akan antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker, selain itu juga dapat menurunkan kanker prostat pada pria. Namun, segala sesuatu akan lebih baik jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, wortel juga dapat mengurangi risiko stroke, hipertensi, mengatasi cacingan, batuk, mengatasi rabun senja, mata minus, nyeri haid dan sembelit. Selain itu, wortel juga bisa digunakan untuk menghaluskan wajah, caranya dengan memarut wortel dan peras airnya lalu tempelkan di wajah.

Kesimpulan itu didapat seletah para ilmuwan menelusuri manfaat lain dari rajin memakan buah dan sayur, khususnya wortel. Dari studi itu, didapat fakta bahwa baik perempuan maupun pria yang memiliki kulit bersih dan cerah serta berwarna kuning langsat dianggap lebih menarik. Warna kulit seksi merona semacam itu didapat dari pigmen bernama karotenoid.

Asisten peneliti Ian Stephen mengatakan hanya setelah dua bulan rajin mengonsumsi wortel, hasil pada kulit bisa langsung terlihat.Hasil studi ini tentunya akan membantu mendorong para kaum muda untuk mau memakan sayur tersebut. "Daripada mengatakan bahwa kamu akan terserang penyakit jantung 40 tahun lagi bila tak rajin makan sayur, lebih baik memberikan mereka janji faktual seperti ini," kata Stephen. "Lebih baik kita mengatakan kamu akan terlihat lebih cantik dan menarik jika rajin makan sayur seperti wortel," tambahnya.

Dalam meneliti hal ini, ilmuwandari Universitas St Andrews dan Bristol universities melibatkan 40 partisipan guna mengukur tingkat seseorang dapat dikatakan menarik.

Sumber: Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar