Kenali Jantung Sehat Anda

Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah. Ukuran jantung manusia kurang lebih sebesar kepalan tangan seorang laki-laki. Jantung itu sendiri satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga thoracic, di balik tulang dada atau sternum. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri. Secara internal, jantung dipisahkan oleh sebuah lapisan otot menjadi dua belah bagian, dari atas ke bawah, menjadi dua pompa. Kedua pompa ini sejak lahir tidak pernah tersambung. Belahan ini terdiri dari dua rongga yang dipisahkan oleh dinding jantung. Maka dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan & kiri dan bilik kanan & kiri.

Cara kerja jantung adalah berdenyut, setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam ventrikel kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, dia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan. Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis, menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida selanjutnya dialirkan. Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner. Darah dalam atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disediakan untuk seluruh tubuh, kecuali paru-paru.

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh. Jantung dapat mengalami masalah, masalah pada jantung dibagi karena kegagalan organ jantung, kegagalan jantung di bagi menjadi dua, yaitu:
  1. Penyakit jantung. Adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Hal-hal hal ini biasa di sebut dengan otot jantung yang lemah yang timbul karena faktor bawaan sejak lahir dan adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, hal ini karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan.
  2. Serangan jantung. Adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. Banyak sebab dari serangan jantung itu sendiri namun biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, entah oleh karena lemak dan kolesterol ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang banyak ditemui dalam obat-obat seperti decolgen dan nikotin.
Kesehatan jantung harus sangat di perhatikan, agar kerja jantung dapat berjalan dengan baik dan sehat, beberapa tips cara menjaga jantung agar sehat, antara lain:
  1. Memilih menu makanan yang sehat. Seperti menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, daging merah, gorengan dan lain sebagainya. Gantilah dengan makanan yang lebih sehat seperti sayuran atau buah buahan, karena sayuran dan buah buahan lebih aman.
  2. Olah raga secara teratur. Karena olah raga akan melatih daya pacu jantung dan peredaran darah. Ketahuilah pada saat olahraga peredaran darah akan berjalan cepat dan akan mengangkut semua racun yang di dalam tubuh.
  3. Jaga kolesterol dalam batasan normal. Jika anda merasa berkolesterol tinggi maka konsultasikan dengan dokter.
  4. Jagalah keseimabangan berat badan dalam batas normal. Dengan berat badan normal maka daya pacu jantung akan lebih ringan.
  5. General chek up. Cheklah kesehatan anda secara rutin, dengan mengkonsultasikan kesehatan anda ke dokter, maka kesehatan akan lebih terjamin.
  6. Melakukan rileksasi. Hal ini dimaksudkan agar detak jantung kesehariannya berjalan secara normal seperti biasa.
  7. Tidak merokok. Nikotin yang terdapat di tembakau dapat menyebabkan serangan jantung.
Sumber: Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar