Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang, jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. "Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.". Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Jerawat tidak selalu muncul karena kulit kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat merupakan kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun. Jerawat itu sendiri di kenal dengan 3 macam jenis jerawat, yaitu:
  1. Komedo. Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.
  2. Jerawat biasa. Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stress, hormon dan udara yang lembab dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.
  3. Jerawat Batu (Cystic acne). Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.
Namun dari beberapa macam jenis jerawat tadi sebenarnya dapat di hindari dengan melakukan beberapa cara tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih, seperti:
  • Selalu menjaga kebersihan wajah. Dengan rajin membasuh muka dengan sabun yang cocok dengan PH kulit. Berwudhu pun juga termasuk terapi ampuh untuk mengurangi jerawat.
  • Rajin minum air putih. Terapi ini benar benar manjur tidak hanya untuk masalah jerawat saja bahkan untuk penyakit penyakit berat lain sekalipun.
  • Hindari stress. Terlalu banyak masalah atau stress berlebih dapat menjadi pemicu semakin banyaknya jerawat.
  • Olahraga. Melakukan akitivitas fisik yang lumayan banyak menghasilkan keringat berakibat positif untuk menurunkan tingkat keparahan jerawat.
Jangan pernah sekali pun memencet jerawat, apalagi jika menggunakan tangan yang tidak bersih karena HANYA akan semakin memperparah keadaan bahkan bisa menimbulkan luka lain ataupun infeksi. Jika timbul luka oleskan obat anti septik untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan. Cobalah menggunakan ramuan belimbing wuluh yang di tumbuk sampai halus seperti bubur lalu dicampur air garam secukupnya, Lulur ini juga berfungsi sebagai astringen yang akan membantu memperkecil pori-pori yang terbuka terlalu lebar. Hindari makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc.

Sumber: Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar