Menjaga Gigi

Gigi sehat adalah gigi utuh yang bersih tanpa ada satu lubang. Dengan merawatan gigi secara baik dan teratur, maka tidak akan ada gigi yang berlubang. Oleh karena itu, usahakan merawat gigi semaksimal mungkin untuk mendapatkan gigi yang sehat. Merawatan gigi dan mulut semenjak di usia dini sangatlah menentukan kesehatan gigi dan mulut sampai tua. Anak-anak biasa mengalami sakit gigi dan mulut jika perawatan gigi dan mulut tidak di lakukan dengan baik dan teratur, sakit yang di alami antara lain gigi lubang pada permukaannya, radang gusi dan sariawan.

Gigi rusak biasa terjadi pada anak-anak di usia dini, kerusakan itu sendiri di karenakan faktor makanan dan minuman. Makanan yang manis-manis dan lengket seperti coklat harus segera di sikat atau berkumur. Minuman manis pun dapat merusak keutuhan gigi seperti kopi, teh, minuman soda bahkan rokok juga dapat mengakibatkan warna gigi menjadi kusam dan kecokelatan. Gigi yang berubah warna karena makanan, minuman dan rokok akan lebih mudah di tempeli sisa-isa makan dan menjadi tempat berkumpulnya kuman yang pada akhirnya dapat membentuk plak pada gigi dan jika tidak di bersihkan maka akan mengeras dan menjadi karang gigi dan dapat merambat ke akar gigi. Akibat dari perlakuan yang seperti itu tadi maka gigi akan mudah berdarah, mudah goyang dan akhirnya akan mudah untuk terlepas atau tanggal.

Dalam menjaga gigi banyak yang harus di perhatikan selain faktor makanan dan mimunan yang dapat merusak gigi. Produk yang di gunakan dalam perawatan gigi juga berpengaruhpada gigi, seperti:
  • Sikat gigi. Dari berbagai macan jenis sikan gigi yang dapat di gunakan salah satu bagian yang penting adalah bulu sikat gigi, pastikan bulu sikat gigi harus lembut  karena jika tidak bulu dapat merusak enamel dan dapat memotong gusi. pastikan bulu sikat gigi berbahan sintetik. Biasakan mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau 1 bulan sekali.
  • Pasta gigi. Pastikan pasta gigi mengandung bahan aktif seperti strontium chloride, yang dapat mambantu mengurangi sesitivitas pada gigi dan Fluorida yang dapat mencegah gigi berlubang.
Membersihkan gigi atau menyikat gigi setidaknya dilakukan dua kai dalam satu hari. Waktu yang lebih penting untuk menggosok gigi adalah di saat sebelum tidur karena di saat tidur produksi air liur menjadi turun dan dapat mengakibatkan rentannya gigi terhadap asam bakteri dalam mulut.

Sumber: Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar