khasiat Madu

Madu adalah cairan yang lengket dan manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu lebih manis dari gula meja dan memiliki ciri-ciri kimia yang menarik untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda yang membuat orang lebih menyukainya dari pada gula dan pemanis lainnya. Madu merupakan makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan ,madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan menterga sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis.

Tak hanya memiliki rasa yang enak, manisnya madu juga bermanfaat untuk kesehatan dan memiliki sifat untuk kesehatan atau pengobatan. Bahkan, salah satu makanan paling mudah dicerna ini merupakan bahan yang baik juga untuk perawatan kecantikan. Sejak dulu kala kecantikan adalah modal utama kaum hawa, tak heran jika para wanita berupaya dengan berbagai cara untuk menjaga keindahan tubuh mereka. Salah satu bahan alami yang sejak jaman dulu di percaya penuh dalam menjaga kecantikan adalah madu. Hingga kini madu di gunakan dalam berbagai produk kecantikan dari produk untuk kulit hingga perawatan rambut.

Madu merupakan humectant yang berarti memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat kelembaban. Kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban merupakan faktor penting untuk menjaga kelembutan, kekenyalan dan kelenturan kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kulit kehilangan kemampuannya untuk mengikat air yang mengakibatkan kulit kering atau keriput. Pengaruh lingkungan tak kalah buruknya bagi kulit, seperti efek polusi dan berbagai zat kimia. Berikut manfaat kecantikan dan kesehatan yang bisa diperoleh dari madu, seperti:
  1. Madu pengganti gula yang sehat. Bisa digunakan untuk pemanis makanan dan minuman. Bila ditambah dengan susu, dapat meningkatkan rasa, serta membantu memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda juga dapat menerapkannya pada roti panggang atau menambahkannya ke dalam es krim.
  2. Menu diet. Segelas air hangat ditambah madu dan lemon adalah cara yang sehat untuk memulai hari Anda. Karena madu bermanfaat mengikis lemak tanpa menguras energi. Konsumsi madu justru bisa meningkatkan energi, sementara gula alami buah mencegah kelelahan selama latihan.
  3. Madu memiliki sifat anti-bakteri yang membantu memperbaiki sistem pencernaan. Tak hanya itu, sifatnya yang mudah dicerna juga baik jika dikonsumsi oleh anak-anak. Memberikan anak-anak dua sendok madu setiap hari, bisa memberi energi ekstra sepanjang hari.
  4. Pencegahan kanker. Madu juga dikenal memiliki karsinogen, mencegah dan sebagai anti-tumor.
  5. Mengobati sakit tenggorokan. Tambahkan beberapa tetes madu dalam jus jahe dan satu sendok makan madu yang dikonsumsi dua kali sehari.
  6. Untuk mempercepat penyembuhan. Sifat antiseptik madu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan membantu menjaga luka tetap bersih dan bebas dari infeksi. Madu juga bisa digunakan sebagai obat alami dalam pengobatan pertolongan pertama untuk luka, luka bakar dan luka lainnya.
  7. Menjaga kulit lentur dan segar. Menerapkan madu selama 10 sampai 15 menit di wajah sebelum dicuci dengan air hangat.
  8. Menambah kemilau rambut. Mencuci rambut dengan dua sendok madu yang ditambahkan dalam air hangat, sebelum dicuci secara menyeluruh.
  9. Menenangkan saraf dan membantu tidur nyenyak. Tambahkan satu atau dua sendok teh madu untuk secangkir teh chamomile sebelum tidur.
Tapi yang harus benar-benar di perhatikan, sebelum anda melakukan resep tersebut, ada baiknya pastikan madu yang anda beli adalah madu murni 100%.

Sumber: Dari berbagai sumber.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar